Prak 03 – Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves
1. Tujuan
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. Alat
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R16
Maxon Cinema 4D R16
3. Bahan
- hasil praktikum sebelumnya
- asset sekunder
4. Dasar Teori
fungsi secondary Assets adalah penggunaan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagi objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
fungsi dari F-Curve Editor berfungsi untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan Key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantuk pada parameter yang dianimasikan.
fungsi dari F-Curve Editor berfungsi untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan Key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantuk pada parameter yang dianimasikan.
5. Tugas Praktikum
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
- Tambahkan secondary Assets
- Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
- Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. Petunjuk Praktikum
Berikut adalah beberapa petunjuk yang bisa digunakan untuk menyelesaikan tugas praktikum
- Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
- Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
- Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
7. Hasil Praktikum
-
helix path and cloner animasi
- helix path and cloner animasi screan shoot
Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo) ss
Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves ss
8. Kesimpulan
Kesulitannya adalah menambahkan secondary assets dalam bentuk melingkar dan objek secondary assets yang menjadi titik fokus untuk berdiri tegak gagal. Jika Objek secondary assets yang menjadi titik fokus untuk berdiri tegak yang bukan menjadi titik fokus akan melengkung kedalam tidak sesuai jalur yang diinginkan.
9. Referensi
Logo Animation in Cinema 4D and After Effects
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/#more-977
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/#more-977
Comments
Post a Comment